Semangka Haluskan Kulit

Kulit cantik, lembab dan bercahaya tak harus melalui perawatan khusus modern yang mahal. Ternyata dengan rutin mengkonsumsi semangka, hal ini bisa diwujudkan. Meskipun prosesnya tak semudah membalik telapak tangan namun khasiat yang diperoleh dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalam semangka akan berdampak baik bagi seluruh organ tubuh.

Umumnya ada 2 jenis semangka yaitu semangka merah dan kuning. Perbedaannya terletak pada kandungannya. Semangka merah lebih banyak mengandung likopen sedangkan semangka kuning lebih banyak mengandung beta karoten. Selain itu kandungan gizi lain keduanya hampir sama seperti vitamin A, B, B6, C, kalium, kalsium dan magnesium.

Beberapa fungsi yang terkandung dalam satu buah semangka di antaranya vitamin A untuk kesehatan kulit, anti-aging, antioksidan, fungsi penglihatan mata, reproduksi dan imunitas. Vitamin C untuk kolagen, antioksidan dan regenerasi sel. Vitamin B2 dan B6 untuk neurotropik. Vitamin B1 dan B6 untuk membantu pencernaan protein, artinya ketika mengkonsumsi protein kemudian mengkonsumsi semangka maka proses pencernaan protein tersebut menjadi lebih sempurna.

Daging semangka juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Kulit semangka mengandung sitrulin yang fungsinya berubah menjadi arginin. Sitrulin mengaktifkan suatu enzim untuk mencegah sel lemak di dalam tubuh. Semakin merah semangka, maka akan semakin banyak kandungan vitamin A di dalamnya dan bermanfaat bagi kesehatan dan kelembutan kulit. Usahakan juga mengkonsumsi daging semangka dengan lapisan putih setelah kulitnya.

Jika Anda ingin mengkonsumsi semangka demi mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit, disarankan langsung tanpa pengolahan. Karena bila dijus, kadar gulanya menjadi lebih tinggi sebab dagingnya lebih sederhana. Sehingga, vitaminnya akan lebih sedikit dibanding dikonsumsi utuh. Berdasarkan kandungan gizinya, dianjurkan untuk mengkonsumsi satu potong. Konsumsi semangka baik untuk setiap orang, tetapi bagi penderita diabetes dianjurkan tidak mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang terlalu banyak.

Selain mengkonsumsi semangka, agar kulit tetap cantik dan menarik perlu diperhatikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang dan olahraga yang cukup. Selain pola makan yang sehat yang membantu terpeliharanya kecantikan kulit, bisa dilengkapi dengan perawatan dari luar, misalnya untuk wajah bisa memakai cream wajah. Pilihlah cream wajah yang sudah memiliki sertifikat BPOM sehingga terjamin keamanannya. Cream Anisa adalah salah satunya yang aman dan juga terbukti efektif dalam menjaga dan memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

This entry was posted on August 22, 2016. Bookmark the permalink.