5 Cara Ampuh Atasi Scar Bekas Jerawat

Rasanya kurang percaya diri jika pada wajah timbul scar bekas jerawat. Apalagi jika scar tersebut berbentuk legokan ke dalam sehingga wajah terlihat bopeng atau bolong-bolong. Mengapa scar bekas jerawat bisa timbul? Bekas jerawat atau scar terbentuk karena adanya peradangan sehingga setiap jerawat yang muncul berpotensi menimbulkan scar.

Scar muncul karena penanganan jerawat yang kurang tepat. Jika jerawat atau peradangannya didiamkan, maka bisa menimbulkan scar. Karena itu, jika timbul jerawat sebaiknya segera diatasi. Jangan biarkan jerawat menjadi jerawat batu, bernanah dan infeksi serta terasa nyeri ketika ditekan. Terutama jerawat yang buntu, lalu ingin dikeluarkan isinya bisa berpotensi timbulnya scar.

Jika sudah timbul scar, sebaiknya segera diatasi. Mengatasi scar disesuaikan dengan jenis scar-nya, yakni scar hipertrofik dan scar atrofik seperti ice pick. Scar jenis atrofik, yang ada legokan ke dalam, lebih sulit diatasi daripada jenis scar yang hipertrofik atau scar yang timbul. Untuk mengatasi scar tidak bisa menggunakan salep ataupun krim, tetapi menggunakan tindakan lain yang menggunakan cairan kimia hingga laser.

Namun perlu diingat scar tidak bisa hilang 100 persen karena sudah ada masalah pada kontur kulit. Biasanya scar dapat berkurang 70-80 persen. Sebab itu, mencegah timbulnya scar lebih baik daripada mengobati scar. Jika ada jerawat segera diobati menggunakan krim atau suntik jerawat sehingga jerawatnya tidak bernanah atau jerawat batu. Untuk mencegah timbulnya jerawat rawatlah wajah dengan baik dan teratur. Penggunaan cream wajah yang baik seperti Cream Anisa juga membantu merawat wajah agar terhindari dari jerawat.

Berikut 5 cara ampuh mengatasi scar bekas jerawat :
1. Suntik
Treatment Suntik seringkali menjadi pilihan untuk mengatasi scar. Namun treatment ini digunakan untuk scar tipe hipertrofik yakni scar yang muncul di permukaan. Bahan yang disuntikkan adalah kortikos steroid.
2. Mengoleskan Cairan Kimia
Mengatasi scar bekas jerawat yang ada legokan, bisa dilakukan dengan mengoleskan cairan kimia Trechloroacetic Acid (TCA). Cara ini seperti chemical peeling namun konsentrasi cairan kimia untuk mengatasi scar ini tinggi yakni 35 persen. Tujuannya adalah merangsang kolagenisasi di daerah yang ada scar-nya sehingga legokan scar ditarik ke atas. Efek samping yang bisa timbul adalah hiperpigmentasi pasa inflamasi. Setelah pengerjaan timbul masa downtime seperti kulit kemerahan dan bengkak selama 3-5 hari.
3. Subsisi
Adalah tindakan untuk mematahkan jaringan ikat yang ada di bawah kulit. Tindakan ini digunakan untuk scar tipe ice pick, yakni scar yang berupa legokan kecil atau bolong-bolong kecil yang timbul karena pada saat proses penyembuhan luka terdapat jaringan ikat yang membuat legok. Dengan tindakan subsisi yang memakai jarum khusus ini maka jaringan ikat tadi dipatahkan.
4. Laser Fraxional
Biasanya digunakan untuk scar tipe atrofik yang legokannya sangat dalam. Tindakan ini bersifat ablatif atau merusak kulit sehingga setelah treatment akan timbul masa downtime dimana kulit terlihat jelek, kemerahan, bengkak dan timbul luka-luka kecil di kulit yang sengaja dibuat seehingga kolagen dan kulit barunya terbentuk. Biasanya downtime berlangsung 2 minggu. Namun, dalam waktu sebulan hasilnya sudah mulai terlihat bagus.
5. Dermaroller
Tindakan ini menggunakan jarum kecil. Seperti halnya laser fraxional, dermaroller memiliki efek menstimulasi kolagen. Namun bila laser memiliki efek panas sehingga hasil menstimulasi kolagen lebih cepat, pada dermaroller hanya membuat luka kecil sehingga hasilnya lebih lama.

This entry was posted on November 21, 2017.

Teh Hijau Ampuh Suburkan Rambut

Rambut merupakan esensi kecantikan bagi wanita. Namun pertumbuhan rambut pada setiap manusia umumnya berbeda. Ada yang cepat tapi ada pula yang lambat. Oleh sebab itu banyak cara dilakukan untuk menyuburkan rambut. Salah satunya dengan menggunakan obat penyubur rambut agar rambut bisa tumbuh dengan cepat dan lebat. Namun, bahan alami seperti teh hijau juga ternyata sangat ampuh menyuburkan rambut.

Teh hijau pada umumnya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan minuman maupun olahan makanan lainnya seperti es krim. Namun di luar penggunaan sebagai bahan makanan, teh hijau ternyata dapat bermanfaat untuk kecantikan salah satunya adalah untuk mengatasi permasalahan rambut yaitu menumbuhkan rambut dengan lebih cepat, sehat namun kuat. Jika minum teh hijau, selain dapat bermanfaat untuk kesehatan juga memiliki khasiat untuk merawat kecantikan secara alami.

Teh hijau memiliki kandungan yang sangat banyak. Dalam setiap zat mempunyai peran masing-masing bagi kesehatan tubuh, wajah dan ramubt. Kandungan teh hijau diantaranya adalah antioksidan seperti katekin dan flavanol yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah menuju rambut. Kandungan lainnya adalah karbohidrat (sukrosa, glukosa dan fruktosa), subtansi pektin, kalkanoid, klorofil, protein, asam amino dan asam organik. Juga mengandung vitamin C, K, A, B1 dan B2. Kandungan mineral seperti magnesium, natrium serta enzim-enzim seperti amilase dan protease. Dengan demikian tidak heran jika teh hijau banyak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Teh hijau baik digunakan untuk bahan kecantikan karena teh hijau dihasilkan secara alami tanpa terlebih dahulu difermentasi seperti teh oolong dan teh hitam. Untuk kecantikan atau menyuburkan rambut, teh hijau yang digunakan sebaiknya dipilih teh dengan kualitas yang baik agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal. Bahan yang dapat dicampurkan dalam campuran teh untuk menyuburkan rambut yaitu madu, jeruk lemon atau jeruk nipis. Madu dapat melembabkan rambut, mengatasi rambut rontok, membuat rambut bercahaya dan menyuburkan rambut. Jeruk nipis yang kaya vitamin C dan zat besi bermanfaat untuk merawat rambut secara alami, mencerahkan warna rambut, menghilangkan ketombe serta merangsang pertumbuhan rambut baru.

Campurkan teh hijau yang sudah diendapkan semalaman tanpa gula. Campurkan dengan madu dan jeruk nipis hingga rata. Kemudian dipakaikan seperti spa atau masker rambut. Gunakan pada seluruh rambut, gosokkan secara perlahan hingga rata mulai dari pangkal hingga ke ujung ramubt. Setelah rata, diamkan 15 menit agar teh dapat meresap secara keseluruhan pada kulit kepala. Setelah itu bersihkan dengan shampo. Agar hasil maksimal sebaiknya digunakan rutin setiap hari, aman tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Selain untuk menyuburkan rambut, kandungan panthenol pada teh hijau juga mampu mengurangi rambut yang pecah dan bercabang.

Memiliki rambut yang indah tidaklah lengkap kiranya jika tidak dibarengi dengan kulit wajah yang sehat, cantik dan bersinar. Untuk itu, gunakanlah Cream Anisa untuk perawatan wajah yang telah terbukti khasiatnya dan sudah memiliki ijin BPOM sehingga aman untuk digunakan.

This entry was posted on April 7, 2017.

Masker Lidah Buaya untuk Kulit Kencang

Tak seorang pun ingin terlihat tua, dengan tampilan kulit wajah dipenuhi keriput keriput halus dan kulit kendur meski usia sudah tidak muda. Lidah buaya, yang selama ini digunakan untuk menebalkan rambut, ternyata juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput halus dan kulit kendur. Terlebih lagi perawatan seperti ini sangat terjangkau kantung dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Lidah buaya bisa digunakan mengatasi tanda-tanda penuaan karena kandungan vitamin seperti Vitamin A, C dan E yang merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas serta Vitamin B Kompleks terutama niasin dan Vitamin B12. Di samping itu, lidah buaya juga mengandung unsur mineral penting seperti asam amino serta enzim-enzim alami. Karena kandungan-kandungan itulah lidah buaya bersifat menambah kadar air (menhidrasi), melembabkan serta bersifat anti peradangan, anti jamur dan memiliki kemampuan untuk memperbaiki kulit yang rusak. Lidah buaya juga dapat merangsang produksi kolagen dan elastin sehingga kekencangan kulit terpelihara dan mampu menunda proses penuaan kulit sehingga terlihat awet muda.

Untuk membuat penampilan kulit awet muda, lidah buaya dapat diblender atau dihaluskan lalu dijadikan masker kulit, serta dapat dibuat jus untuk diminum langsung. Umumnya untuk mencegah keriput dan kulit kendur, lidah buaya ditempelkan langsung pada kulit untuk dijadikan masker. Masker lidah buaya ini cocok digunakan untuk kulit kering, terutama kulit kering yang sering terpapar matahari. Kulit kering adalah jenis kulit yang rentan mengalami penuaan kulit, seperti keriput dan kulit kendur.

Cara membuat masker lidah buaya: isi atau daging daun lidah buaya dikeluarkan lalu diblender, seperti halnya membuat jus. Sesudah halus langsung dioleskan ke seluruh kulit wajah dan leher secara merata sebagai masker. Caranya adalah 1 sdt lidah buaya yang sudah diblender, pastikan tidak ada getah kuning yang tercampur, lalu ditambahkan 1 butir putih telur yang sudah dikocok dan 1 sdt minyak zaitun.
Campuran tersebut diaduk hingga rata, lalu dibalurkan ke seluruh kulit wajah dan leher. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu dibilas dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka dan semua kotoran terbuang, selanjutnya bilas lagi dengan air dingin agar pori-pori kulit mengecil dan tertutup.

Sekali pemakaian saja, kulit terlihat bagus, lembab, lembut dan kencang. Namun untuk mendapat hasil yang bagus, masker lidah buaya sebaiknya digunakan seminggu dua kali. Dengan pemakaian rutin, maka setelah 4 minggu atau 1 bulan akan memberikan hasil kulit yang kencang, cerah dan bersinar. Jika sudah mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya masker lidah buaya digunakan seminggu sekali. Baik digunakan untuk melengkapi perawatan wajah dengan cream anisa yang anda pakai sehari-hari.

Penggunaan masker lidah buaya cukup aman karena menggunakan bahan alami, sehingga jarang terjadi keluhan iritasi. Namun, alergi bisa saja terjadi jika orang tersebut alergi terhadap lidah buaya. Ketika menggunakan masker lidah buaya, berhati-hatilah dengan getah kuning yang ada di bagian kulitnya agar tidak tercampur ke dalam masker. Getah kuning tersebut dapat menimbulkan efek dermatitis kontak pada kulit yang sensitif.

This entry was posted on December 30, 2016.

Semangka Haluskan Kulit

Kulit cantik, lembab dan bercahaya tak harus melalui perawatan khusus modern yang mahal. Ternyata dengan rutin mengkonsumsi semangka, hal ini bisa diwujudkan. Meskipun prosesnya tak semudah membalik telapak tangan namun khasiat yang diperoleh dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalam semangka akan berdampak baik bagi seluruh organ tubuh.

Umumnya ada 2 jenis semangka yaitu semangka merah dan kuning. Perbedaannya terletak pada kandungannya. Semangka merah lebih banyak mengandung likopen sedangkan semangka kuning lebih banyak mengandung beta karoten. Selain itu kandungan gizi lain keduanya hampir sama seperti vitamin A, B, B6, C, kalium, kalsium dan magnesium.

Beberapa fungsi yang terkandung dalam satu buah semangka di antaranya vitamin A untuk kesehatan kulit, anti-aging, antioksidan, fungsi penglihatan mata, reproduksi dan imunitas. Vitamin C untuk kolagen, antioksidan dan regenerasi sel. Vitamin B2 dan B6 untuk neurotropik. Vitamin B1 dan B6 untuk membantu pencernaan protein, artinya ketika mengkonsumsi protein kemudian mengkonsumsi semangka maka proses pencernaan protein tersebut menjadi lebih sempurna.

Daging semangka juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Kulit semangka mengandung sitrulin yang fungsinya berubah menjadi arginin. Sitrulin mengaktifkan suatu enzim untuk mencegah sel lemak di dalam tubuh. Semakin merah semangka, maka akan semakin banyak kandungan vitamin A di dalamnya dan bermanfaat bagi kesehatan dan kelembutan kulit. Usahakan juga mengkonsumsi daging semangka dengan lapisan putih setelah kulitnya.

Jika Anda ingin mengkonsumsi semangka demi mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit, disarankan langsung tanpa pengolahan. Karena bila dijus, kadar gulanya menjadi lebih tinggi sebab dagingnya lebih sederhana. Sehingga, vitaminnya akan lebih sedikit dibanding dikonsumsi utuh. Berdasarkan kandungan gizinya, dianjurkan untuk mengkonsumsi satu potong. Konsumsi semangka baik untuk setiap orang, tetapi bagi penderita diabetes dianjurkan tidak mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang terlalu banyak.

Selain mengkonsumsi semangka, agar kulit tetap cantik dan menarik perlu diperhatikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang dan olahraga yang cukup. Selain pola makan yang sehat yang membantu terpeliharanya kecantikan kulit, bisa dilengkapi dengan perawatan dari luar, misalnya untuk wajah bisa memakai cream wajah. Pilihlah cream wajah yang sudah memiliki sertifikat BPOM sehingga terjamin keamanannya. Cream Anisa adalah salah satunya yang aman dan juga terbukti efektif dalam menjaga dan memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

This entry was posted on August 22, 2016.

Kegunaan Serum Vitamin C dan E

Di antara sekian banyak kandungan serum, umumnya yang paling banyak digunakan adalah serum vitamin C dan E. Di antara rangkaian produk Cream Anisa, juga terdapat produk serum ini. Apa sih kegunaan dari serum-serum ini?

Serum vitamin C dibutuhkan kulit karena kulit seringkali terpapar sinar matahari dan polusi. Belum lagi pemakaian sabun yang biasanya pH-nya basa sehingga lapisan lemak sebagai pelindung kulit terangkat. Serum vitamin C digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, angin yang terlalu keras, debu dan polusi. Pasalnya, serum mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dari polusi udara, debu dan paparan sinar matahari. Dengan vitamin C kulit juga terlindungi sehingga mencegah penuaan dini.

Cara kerjanya, serum vitamin C dioleskan pada kulit, akan meresap ke dalam kulit serta bertahan di dalam kulit dan memperbaiki jaringan kolagen dan elastin sehingga kerutan hilang. Namun serum vitamin C hanya bisa mengatasi kerutan-kerutan halus. Jika kerutan sudah terlalu dalam, maka harus dilakukan tindakan atau treatment lain.

Serum lain yang juga sering digunakan adalah mengandung vitamin E. Vitamin E ini dapat larut dalam lemak yang dapat mencegah proses penuaan dan penangkal radikal bebas. Vitamin E melindungi asam lemak melawan kerusakan oksidasi yang disebabkan oleh berbagai jenis polutan yang dibentuk selama proses metabolisme tubuh. Vitamin E juga mencegah lipofuscin, lemak yang teroksidasi pemicu proses pemuaan kulit secara dini.

Vitamin E bekerja secara sinergi dengan nutrien antioksidan lain, termasuk selenium, vitamin C dan betakaroten untuk menghilangkan radikal bebas, peroksida dan zat berbahaya lainnya. Selain untuk mencegah penuaan, pemakaian serum vitamin E secara rutin akan mempertahankan kelembaban alami kuit. Juga melindungi kulit dari polusi lingkungan seperti asap rokok atau sinar matahari.

Pemakaian serum yang dibarengi dengan cream malam akan memberikan hasil lebih optimal dalam perawatan kulit. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melengkapi perawatan kulit wajah dengan serum vitamin C dan E ini.

This entry was posted on September 10, 2015.